tips backpacker

Tips Backpacker Pemula & Jalan Jalan Murah Sendirian

Berikut ini adalah tips backpacker pemula bagi kamu yang ingin mencoba pengalaman baru untuk wisata murah. Dengan mengikuti tips backpacker pemula ini kamu dapat berkunjung ke berbagai tempat wisata di Indonesia atau luar negeri tanpa mengeluarkan banyak biaya (jalan jalan murah). Sangat menarik bukan?

Meski terdengar simple namun jangan salah, mungkin bagi kita yang notabene merupakan seorang backpaker pemula. Tentu kita setuju bukan, jikalau wisata backpacker diperlukan perencanaan yang lebih matang dibandingkan jika kita menggunakan jasa travel. Kendati begitu adanya, namun tak perlu khawatir pasalnya kamu dapat menyimak konten artikel kali ini. Semoga segala informasi tips backpacker pemula yang akan disampaikan dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian.

Tips Backpacker Pemula atau Sendirian (Solo Traveling)

 

Sebelum kamu melakukan perjalanan wisata, sebaiknya kamu ketahui informasi berikut ini

A. Tentukan tema wisata yang diinginkan

Pertama yang perlu kamu lakukan ialah tentukan terlebih dahulu tema wisata yang diinginkan, mengapa begitu? pasalnya banyak orang yang keliru dengan tema wisata yang mereka inginkan dan akhirnya tak sesuai dengan yang diharapkan. Dalam berwisata secara umum dibedakan menjadi dua tema yakni Liburan atau Backpacker.

Perbedaan antara keduanya menurut asumsi saya terlihat cukup jelas dan dapat di definisikan. Yakni untuk Liburan adalah sekelompok orang yang meluangkan waktu bebas yang sudah ditentukan (cuti kerja atau hari libur) untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata terpopuler dengan segala keperluan yang sudah dipersiapkan (hotel, transportasi dan lain-lain). Sedangkan untuk Backpacker adalah sekelompok orang yang sengaja melakukan perjalanan dengan waktu yang tidak ditentukan. Kemudian biaya yang ditekan seminimalis mungkin (jalan jalan hemat), serta segala keperluan yang belum ditentukan (on the spot).

B. Tentukan destinasi yang akan dituju

Dari pandangan di atas, tentulah kita dapat menarik kesimpulan untuk kedua tema pastinya terdapat dua perbedaan dalam destinasi wisata yang akan dituju. Dimana untuk tema Liburan biasanya banyak orang melakukannya dengan berkunjung ke berbagai tempat-tempat yang ramai dan populer. Sedangkan untuk Backpacker biasanya lebih senang mencari tempat-tempat yang lebih sepi atau bahkan yang belum banyak diketahui oleh khalayak umum. Kemudian setelah kita mengetahui kedua perbedaannya, barulah kita dapat menentukan tema wisata seperti apa yang cocok bagi kamu.

Setelah proses perencanaan rampung dilakukan, barulah kamu siap untuk lanjut ke proses selanjutnya yakni proses persiapan. Untuk proses persiapan, kamu dapat mengikuti tips backpacker pemula berikut ini.

Tips Backpacker Pemula & Tips Jalan Jalan Murah Sendirian

 

1. Sisihkan sedikit pendapatan perbulan (menabung)

tips backpacker

Menabung untuk berwisata adalah solusi logis atas permasalahan besarnya biaya untuk wisata. Mengacu pada kenyataan dimana banyak orang yang salah kaprah dengan berwisata menggunakan pendapatan yang ia dapat pada bulan yang sama dengan waktu keberangkatan. Maka apa yang akan terjadi? tentu kita sudah dapat membayangkan bukan? dimana biasanya mereka akan mengeluh karena uangnya telah habis digunakan untuk berwisata. Dan akhirnya masalah baru pun muncul setelahnya.

Padahal seyogyanya wisata merupakan salah satu media sarana untuk merefreshkan pikiran agar menumbuhkan semangat baru. Oleh sebab itu, maka akan lebih bijak bilamana kita menabung terlebih dahulu dengan menyisihkan sedikit pendapatan selama beberapa waktu. Sehingga sepulang dari berwisata kita masih memiliki uang yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan wajib bulanan.

2. Tentukan destinasi yang telah disesuaikan dengan buged

tips backpacker

Usahakan membuat rincian biaya untuk segala keperluan termasuk biaya tiket masuk tempat wisata, konsumsi, akomodasi, penginapan dan segala keperluan pribadi. Kemudian setelah itu, kamu dapat melakukan prediksi biaya agar dapat memperhitungkan kisaran biaya yang akan dikeluarkan. Pastikan semua biaya tersebut sesuai dengan kemampuan keuangan pribadi kamu dan jangan memaksakan. Dan hindari kebiasaan berbelanja oleh-oleh yang berlebihan, karena itu adalah salah satu faktor yang membuat pengeluaran membengkak.

3. Tentukan destinasi yang dituju dalam satu jalur

tips backpacker

Disadari atau tidak, sebenarnya ini merupakan kunci utama agar tips jalan jalan murah ala backpacker berjalan sesuai dengan rencana, kenapa begitu? pasalnya mengacu pada beberapa kasus yang kerap terjadi dimana banyak orang yang berpergian namun bingung menentukan objek wisata yang akan dituju. Ada pula kasus lain yakni mereka sudah tau tujuan wisatanya tapi tidak mengerti dengan jarak atau akomodasi yang menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Jika seperti itu, maka sudah dapat dipastikan waktu kita akan terbuang sia-sia dan berdampak pada buruknya kualitas dalam berwisata.

Agar terhindar dari masalah tersebut maka untuk tips backpacker wisata murah, kamu sebelumnya diharuskan mencari informasi detail tentang lokasi wisata yang akan dituju terlebih dahulu. Perhatikan juga tentang lokasi tempat menginap, akses jalan, jarak dari satu tempat ke tempat lainnya. Sebisa mungkin atur rute tujuan wisata yang masih dalam satu jalur atau searah. Sehingga waktu kamu tidak terbuang sia-sia.

4. Persiapkan segala barang-barang yang dibutuhkan dengan baik

 

tips backpacker

Untuk melakukan perjalanan backpacker, kelengkapan barang-barang yang diperlukan sangatlah penting. Sesuaikan barang bawaan dengan lokasi yang dituju dan jangan terlalu banyak (berlebihan), bawalah barang yang benar-benar dibutuhkan. Contohnya jika kamu ingin wisata yang bersifat outdoor seperti camping maka segala keperluan alat-alat camping, jas ujan, baterai double power handphone dan powerbank sebagai sumber daya utama untuk handphone pun sangat penting. Jangan biarkan hp dalam keadaan mati jika kamu sedang melakukan perjalanan. Sebab penggunaan smartphone menjadi salah satu barang penting saat ini.

5. Mencari penginapan yang memiliki dapur

 

tips backpacker

Walaupun dalam berwisata ada ungkapan “Jangan terlalu menghabiskan waktu di tempat penginapan”.  Tapi agar bisa jalan jalan irit maka ada baiknya kamu mencari penginapan yang memiliki dapur agar kamu tak perlu membeli makanan diluar (cafe atau restoran) yang sudah pasti mahal harganya. Dengan kamu memasak makanan sederhana satu kali untuk keperluan makan sehari, maka kamu dapat menekan pengeluaran. Cukup simple bukan?

6. Bawa selalu kartu nama tempat kamu menginap

 

tips backpacker

Sepintas ini merupakan hal yang sepele dan banyak orang yang melupakan. Akan tetapi percaya atau tidak membawa kartu nama dari tempat kita menginap dapat menjadi solusi atas segala kemungkinan resiko selama berpergian secara backpacker sendirian (solo) atau pun rombongan. Jadi, usahakan selalu meminta kartu nama tempat kamu menginap sebagai acuan kembali ke penginapan tersebut.

7. Gunakan kemampuan tawar menawar

 

tips backpacker pemula

Meskipun terdengar kurang penting tapi sebetulnya ini adalah kemampuan yang sangat berharga bila kamu sedang berpergian. Akan tetapi, tawar menawar memang tidak lazim digunakan disemua negara namun tak ada salahnya mencobanya. Mengacu pada kebiasaan banyak orang dimanapun kita berada yang cenderung memberikan harga lebih tinggi pada setiap wisatawan yang datang. Oleh sebab itu, maka agar bisa mendapatkan liburan murah ala backpacker kita harus mahir melakukan tawar menawar harga demi mendapat harga terbaik.

8. Mengetahui alternatif transportasi

 

tips backpacker pemula

Memang terkesan kurang efektif jika harus menggunakan mode transportasi umum dibandingkan dengan kita menyewa kendaraan. Akan tetapi untuk tips backpacker murah sebaiknya kita pun mengerti alternatif transportasi umum, terlebih jika kamu ingin berlibur ke negara lainnya yang tentu saja sedikit lebih berat jikalau harus menyewa kendaraan.

9. Selalu update promo tiket pesawat atau kereta murah

 

tips backpacker

Sebenarnya memang cukup malas memang untuk mencari info tiket pesawat murah atau tiket kereta murah. Namun karena kita ingin untuk wisata backpacker murah, maka kita dituntut harus jeli memanfaatkan masa-masa promo tiket murah. Biasanya selalu ada waktu-waktu tertentu banyak dari maskapai penerbangan atau PT KAI memberikan potongan harga spesial untuk berbagai tujuan domestik atau luar negeri. Dan biasanya promo tersebut memiliki waktu keberangkatan yang jauh dari tanggal pembelian tiket. Jadi agar tak menyia-nyiakan kesempatan yang ada, ada baiknya kamu mengikuti masa promo tiket tersebut terlebih dahulu. Setelah sudah mendapatkan tiket barulah kamu menabung untuk biaya yang dibutuhkan nanti pada saat berwisata.

10. Ramah terhadap masyarakat lokal

 

tips backpacker pemula

Mengingat kamu nanti akan berada di sebuah lingkungan yang cukup asing, maka kamu dituntut harus ramah terhadap masyarakat lokal. Disadari atau tidak, ada kebiasaan yang sering dilakukan oleh wisatawan urban seperti Jakarta, Bandung dan lain-lainnya yang datang ke daerah, biasanya mereka berperilaku berlebihan. Meskipun memang tidak semuanya begitu. Sebagai contohnya kerap memamerkan barang-barang elektronik di muka umum (kamera, handphone, laptop dan lain-lain). Tidak salah memang, tapi tindakan tersebut dapat memancing tindak kejahatan atau bisa juga mencerminkan sifat sombong di mata para warga lokal. Padahal dengan kita bersikap ramah dan berbaur, maka kita bisa mendapatkan informasi penting terkait dengan transportasi umum, akses jalan, tempat-tempat unik hingga tempat makan murah.

courtesy by Official NET News

Demikianlah ulasan kali ini perihal tips backpacker pemula dan jalan jalan murah sendirian. Semoga segala informasi yang telah disampaikan dapat menjadi sumber inspirasi bagi kamu dimanapun berada.

Summary
Tips Backpacker pemula
Article Name
Tips Backpacker pemula
Description
tips backpacker pemula jalan jalan sendirian yang aman cara jalan jalan murah dan hemat
Author
Publisher Name
Vizz Indonesia

Leave a Comment