laptop kena air

Laptop Kena Air (Ayo Cepat Lakukan Hal Ini)

Jikalau laptop kena air atau laptop terkena air maka tak perlu khawatir, meskipun itu adalah mimpi buruk hampir kebanyakan orang terlebih bilamana laptop tersebut menyimpan file-file penting seperti file pekerjaan atau skripsi. Meskipun terdengar sepele, namun jika benar-benar penting maka seyogyanya kita harus menjaga sebaik-baiknya agar tidak ada kemungkinan laptop tersiram air.

Ya, bisa dibilang semua barang elektronik pastinya akan beresiko rusak bilamana tak sengaja kesiram air. Banyak kasus terjadi selain karena faktor ketidak sengajaan atau dikarenakan terkena hujan saat dijalan. Beberapa kerusakan yang umumnya bila hal tersebut terjadi ialah konsleting atau hubungan pendek yang timbul akibat sifat koduktif dari cairan yang ada di dalam perangkat.

Sebagai tambahan informasi juga

Akan tetapi itu bisa saja tidak terjadi jika kamu tau trik cara mengeringkan laptop kena air dengan benar. Pembersihan harus dilakukan, apalagi laptop kemasukan air yang mengandung asam, maka sangat diperhatikan untuk memastikan part-part penting seperti motherboard dan memory RAM harus benar-benar kering. Pasalnya bukan tidak mungkin jika pada saat air tumpah ke atas laptop, lalu air masuk melalui celah-celah keyboard hingga akhirnya membasahi bagian-bagian penting laptop tersebut. Tapi jangan khawatir, kamu dapat mengikuti pertolongan pertama pada Laptop kemasukan air seperti berikut ini.

Laptop Kena Air (Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Karena Air) Lakukan

5 Langkah Pertolongan Pertama Ini

 

1. Segera Lepaskan Kabel Charger

Jika sewaktu laptop kejatuhan air masih dalam keadaan tersambung dengan kabel chargernya, maka dengan segera lepaskan kabel tersebut. Hal ini untuk menghindari terjadinya konsleting.

2. Lepaskan Baterai (Spek Non Built-in Battery)

Segera lepaskan baterai laptop dan jika ternyata ditempat baterai sudah terkena air, maka segera keringkan. Akan tetapi perhatikan bagian kutub baterai yang berbentuk logam berwarna kuning, jangan sampai merusaknya. Jika telah mengeringkan baterai, maka kamu bisa lanjut untuk menjemur baterai tersebut, tapi jangan biarkan terkena panas matahari langsung, mungkin kamu bisa menutup baterai dengan kain. Karena umumnya baterai tipe lithium (Li-ion) cukup sensitif dengan lingkungan yang terlalu panas sehingga dapat membuat struktur kimiawinya rusak dan bahkan beresiko meledak.

3. Balikkan Laptop dan Keringkan Bagian Luar

Balikkan laptop selama 60 menit untuk membuang air yang terlanjut masuk melalui celah-celah pada keyboard. Setelah itu cek pada bagian-bagian kecil seperti lubang port USB, port charger, port LAN, kamera dan lain-lainnya. Jika masih terdapat air, kamu dapat mengeringkannya dengan menggunakan cotton bud.

4. Bongkar Bagian Penting Laptop

Jika keadaan laptop terkena air yang cukup parah, maka ada baiknya bongkar juga bagian penting laptop seperti keyboard, motherboard, processor, RAM, WiFi, Optical Drive dan harddisk untuk dikeringkan agar tidak terjadi korosi (karat). Tapi metode ini khusus bagi kamu yang paham dan berani saja, jika tidak sebaiknya segera membawa laptop ke gerai service.

5. Pasang Ulang Dan Diamkan Laptop

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kamu dapat memasang kembali segala komponen yang sudah kering dan diamkan laptop selama 10 jam untuk benar-benar memastikan sudah tidak ada air didalamnya. Jika telah selesai maka kamu dapat mencoba untuk menghidupkan laptop tanpa menggunakan baterai (langsung menggunakan adaptor charger). Bila tiba-tiba tercium bau hangus, segera lepaskan kembali dan segera bawa laptop kamu ke gerai service terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Demikianlah ulasan kali ini perihal tips bila laptop kena air, semoga segala informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian. #youthenergy

Summary
Laptop Kena Air
Article Name
Laptop Kena Air
Description
Laptop kena air atau laptop terkena air bagi kamu yang butuh tips jika laptop tersiram air dan pertolongan pertama bagi laptop kemasukan air
Author
Publisher Name
Vizz Indonesia

Leave a Comment