liburan di pantai

Liburan Di Pantai Jadi Berbahaya Kalo Kamu Belum Tau Ini!

Siapa yang tak senang saat liburan di pantai atau wisata pantai? ya, rasanya banyak orang yang senang menjadikan pantai sebagai lokasi untuk berlibur, maka tak heran jika banyak objek wisata pantai selalu ramai diserbu para wisatawan. Akan tetapi kebahagiaan tersebut bisa saja berubah menjadi petaka karena liburan di pantai juga menyimpan bahaya yang selalu menghantui siapapun.

Memang musibah sulit untuk diprediksi, dan dikarenakan ketidaktauan atau kurang paham akan konsidi alam sekitar, maka bisa saja bahaya tersebut berakibat fatal. Sebagai contohnya pada tempat wisata pantai sebagai lokasi liburan di pantai. Seperti yang kita ketaui bila pantai memiliki sejuta pontensi seperti pemandangan pantai, semilir angin, jernihnya perairan dan pasir pantai yang halus pasti akan membuat siapapun terhipnotis oleh keindahannya.

Sebagai tambahan informasi juga tentang

Akan tetapi patut kita sadari atau tidak ternyata banyak orang yang akhirnya terlalu hanyut dalam yuphoria liburan di pantai sehingga kurang mengindahkan aturan-aturan tentang keselamatan. Selain itu masih ada pula faktor external dari karakteristik setiap pantai yang berbeda-beda juga mempengaruhi bahaya di pantai saat liburan ke pantai. Namun tak perlu khawatir pasalnya pada konten artikel kali ini akan dijelaskan fenomena alam bahaya apa saja yang ada di pantai.

5 Bahaya Saat Kamu Liburan Di Pantai (Wisata Pantai)

 

1. Arus RIP Current

liburan di pantai

Apa itu arus RIP Current? merupakan sebuah arus pecah (arus balik) dari semua gelombang ombak yang datang menuju pantai. Sederhananya dari semua ombak yang datang pasti akan memiliki sebuah jalan balik menuju laut kembali bukan? nah itulah yang dinamakan RIP Current. Tentu kamu dapat bayangkan jika tidak sengaja berada dalam area tersebut, maka sudah bisa dipastikan kamu akan terseret menuju laut lepas.

Memiliki energi yang cukup besar dengan kecepatan arus yang bisa mencapai 80 Km/jam, dengan kecepatan tersebut maka arus ini cukup mematikan. Bahkan walaupun arus ini hanya memiliki kedalaman sekitar lutut orang dewasa, tetap saja mampu untuk menarik kamu ke tengah laut, tak terkecuali orang yang sudah mahir dalam berenang. Lantas apa ciri-ciri RIP Current? berikut uraiannya

  • Memiliki permukaan yang lebih tenang dibandingkan arus sekitar. Perhatikan buih-buih yang ada dipermukaan jika ada celah diantara buih-buih tersebut maka kemungkinan itu adalah RIP Current
  • Dikarena memiliki kecepatan yang kuat biasanya warna permukaannya sedikit lebih keruh dibandingkan sekitarnya. Kamu dapat mengujinya dengan cara menghanyutkan buah kelapa/batang kayu dan jika benda tersebut bergerak sangat cepat maka sudah dapat dipastikan itu adalah RIP Current
  • Hindari garis pantai yang memiliki cekungan, dimana logikanya bila ada sebuah arus yang datang di pantai yang berbentuk cekung, maka kemungkinan arus baliknya akan berkumpul di ujung cekungan.

2. Palung Laut

liburan di pantai

Palung Laut dapat diasumsikan merupakan sebuah jurang yang berada di dasar laut. Biasanya jurang/lubang ini memiliki ukuran yang tak terlalu besar dan merupakan bagian terdalam dari dasar laut. Mengapa bisa berbahaya? pasalnya palung laut memiliki potensi daya hisap cukup kuat yang dihasilkan dari pergerakan air laut yang membentur antar dinding permukaan dasar laut dan palung laut. Sebenarnya ada beberapa objek wisata pantai terindah di Indonesia ternyata memiliki palung laut diperairannya seperti contohnya Pantai Baron, Pantai Parangtritis dan masih banyak lagi.

3. Arus Ombak

liburan di pantai

Gelombang ombak besar dan kuat memang sulit diprediksi, hanya saja sebisa mungkin selalu hindari area pantai yang berkarang, mengapa begitu? pasalnya dapat dibayangkan jika kamu berlibur di pantai dan kebetulan sedang berada disekitar karang, tiba-tiba datang arus ombak yang cukup kuat, maka bisa saja kamu terdorong atau terpeleset hingga akhirnya terjatuh dan terbentur karang-karang tersebut, cukup berbahaya bukan?

4. Biota Laut

liburan di pantai

Seperti yang kita tau bilamana pantai/laut merupakan habitat dari banyak mahluk hidup, mulai dari predator hingga mahluk-mahluk kecil. Dari sederet nama-nama biota laut pastinya akan yang sudah terkenal akan potensinya yang dapat membahayakan nyaman manusia seperti contohnya bulu babi, ubur-ubur, ular laut dan lain-lainnya.

5. Heat Stroke

liburan di pantai

Mungkin bagi banyak orang masih cukup asing mendengar nama Heat Stroke (sengatan panas) yaitu sebuah kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan suhu secara dramatis dan waktu yang cepat tanpa bisa mendinginkan tubuh kembali. Pada saat liburan di pantai merupakan situasi yang memungkinkan tubuh terjadi Heat Stroke, pasalnya cuaca panas dan terik matahari menjadi faktor penyebab utama. Kondisi tersebut dapat memicu suhu tubuh meningkat hingga mencapai 59 derajat celcius, dan bila kondisi tersebut berlangsung sekitar 10-15 menit, maka akan mengganggu kinerja otak dan organ vital lainnya.

Apa ciri-ciri tubuh yang terkena gejala Heat Stroke? gejala yang timbul biasanya suhu tubuh meningkat, kulit memerah, tidak berkeringat, denyut nadi cepat, sakit kepala, pusing, mual dan bahkan pingsan. Lantas apa solusinya? berikut adalah pertolongan pertama bagi korban Heat Stroke

  • Bawalah ketempat teduh
  • Rendam dalam air
  • Kompres es ke seluruh tubuh
  • Berikan minuman dingin
  • Lalu, hubungi tim medis

Selain beberapa informasi diatas memang masih banyak faktor-faktor lainnya, namun setidaknya kita telah mengetahui sedikit gambaran akan potensi bahaya yang ada di pantai. Memang segala sesuatu telah digariskan oleh Sang Khalik melalui suratan takdir, tapi tidak serta merta kita bertindak gegabah tidak menghiraukan aturan-aturan yang telah ada. Seyogyanya kita perlu mawas diri agar kelak dapat selamat dunia maupun akhirat.

courtesy by TVOne

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal bahaya saat liburan di pantai. Terima kasih telah berkunjung ke Vizz Indonesia, semoga segala informasinya dapat menjadi sumber referensi tambahan bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian. #youthenergy

Summary
Liburan Di Pantai Jadi Berbahaya
Article Name
Liburan Di Pantai Jadi Berbahaya
Description
Bahaya saat liburan di pantai atau tempat wisata pantai, info bahaya di pantai yang perlu diketahui
Author
Publisher Name
Vizz Indonesia

Leave a Comment