gunung untuk pendaki pemula

Gunung Untuk Pendaki Pemula, Wajib Coba!

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula atau gunung yang cocok untuk pendaki pemula pria dan wanita, mungkin bagi kamu yang baru pertama mendaki gunung tentu memiliki banyak pertimbangan. Tak perlu khawatir, selama kamu ditemani oleh seorang yang sudah berpengalaman, menggunakan perlengkapan pendakian yang sudah sesuai dengan standar dan mengerti karakteristik gunung, maka semua akan baik-baik saja.

Dewasa ini kegiatan mendaki gunung dianggap sebagai gaya hidup, rasanya akan terasa hambar jika seumur hidup belum pernah sekalipun naik gunung. Mungkin bagi kamu yang sudah terlatih, tentu saja itu bukanlah persoalan tapi bagaimana untuk yang minim pengalaman pendakian gunung?

Bagi kamu yang sudah bosan dengan wisata Jogja murah cuma 500 ribu doang atau tempat hangout di Jakarta yang instagramable, mungkin kamu bisa mencoba mendaki gunung. Kita tentu tau, terdapat gunung di Indonesia yang masih terjaga. Namun dari semua gunung tersebut, ternyata ada beberapa yang cocok bagi pendaki pemula. Apa saja gunung untuk pemula itu? kamu dapat tau infonya dalam konten berikut ini.

Rekomendasi Gunung Untuk Pendaki Pemula Pria Dan Wanita

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung kebanggaan warga Garut dan sekitarnya, kenapa begitu? Karena potensi keindahan yang mengagumkan dengan karakteristik khas gunung berapi.

Jika kamu mendaki Gunung Papandayan, maka kamu dapat melihat kawah Papandayan dengan kepulan asapnya yang menjadi penanda jikalau gunung ini masih aktif hingga saat ini. Memiliki ketinggian sekitar 2.665 mdpl dengan jalur pendakian gunung untuk pendaki pemula yang tergolong ramah, membuat gunung ini tak pernah sepi pengunjung walaupun kini Gunung Papandayan memiliki biaya tiket masuk yang cukup tinggi.

2. Gunung Andong

Gunung Andong merupakan gunung dengan ketinggian puncak sekitar 1762 mdpl yang tercatat masuk dalam wilayah administratif Magelang, Jawa Tengah. Lalu kenapa Gunung Andong masuk dalam gunung untuk pendaki pemula? selain persoalan ketinggian puncaknya yang ditempuh hanya dengan 2 jam saja. Ternyata juga memiliki jalur pendakian yang cukup mudah, bahkan para pengelola sudah membuat tangga disepanjang jalurnya guna mempermudah pendakian.

Kemudian karakteristik jalur pendakiannya yang tidak bercabang, sehingga cukup aman walaupun kamu mendaki seorang diri. Lalu terdapat sumber air dan terdapat warung di puncaknya. Meskipun terbilang tak begitu tinggi, tapi jangan salah! Karena setibanya kamu di puncak Gunung Andong, maka kamu akan melihat keindahan alam lengkap dengan pemandangan 6 puncak gunung Jawa Tengah lainnya yakni Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Slamet dan Gunung Ungaran.

3. Gunung Prau

Sebenarnya ada beberapa gunung dieng lainnya yang wajib kamu taklukkan seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Sikunir dan Gunung Pakuwaja. Namun Gunung Prau adalah yang paling populer dibandingkan yang lain, memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl. Disebut juga dengan nama lain yakni Gunung Prahu memang terbilang tak begitu tinggi. Tapi jangan salah diperlukan persiapan yang baik sebelum mendaki gunung prau.

Mengapa begitu? sebenarnya untuk karakteristik jalurnya termasuk dalam gunung untuk pendaki pemula. Tapi cucaca yang sangat dingin di puncak Gunung Prau lah yang harus menjadi catatan. Karena seperti inilah kebanyakan cuaca khas dari pegunungan Dieng. Bagi kamu yang ingin mendaki dapat menggunakan 3 pilihan jalur pendakian terpopuler yaitu via Jalur Kenjuran, Jalur Pranten dan Jalur Patak Banteng.

4. Gunung Ijen

Gunung Ijen Banyuwangi adalah salah satu gunung di Indonesia yang sudah terkenal di mancanegara, mengapa begitu? Pasalnya di gunung ini terdapat fenomena alam langka di dunia yakni Blue Fire. Dikarekan hal itu maka Gunung Ijen selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan asing hampir disepanjang tahun.

Taukah kamu sejarah Gunung Ijen? berawal dari sebuah gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini dengan ketinggian puncak 2.443 mdpl. Memiliki luas area sekitar 2.560 hektare termasuk kawasan hutan wisata seluas 92 hektare. Tercatat meletus terakhir pada tahun 1999 yang mengakibatkan terciptanya sebuah danau berdiameter 960 x 600 meter tepat dibawah kaldera. Jika ingin mendaki Gunung Ijen maka sebaiknya kamu mulai start di malam hari untuk dapat menyaksikan fenomena Blue Fire yang tersohor.

5. Gunung Batur

Seperti yang kita ketahui jikalau ada dua Gunung di Bali yang sudah cukup terkenal yakni Gunung Agung dan Gunung Batur. Untuk Gunung Batur sendiri merupakan gunung terkecil dengan ketinggian puncak hanya sekitar 1.717 mdpl dan hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam pendakian saja. Berada di Desa Kintamani dengan view Danau Kintamani yang terkenal dengan keindahannya, membuat pendakian Gunung Batur akan terasa menyenangkan.

Masuk dalam salah satu gunung untuk pendaki pemula dengan jalur pendakian landai. Kemudian dengan banyak penyedia travel guide khusus pendakian, membuat Gunung Batur tak pernah sepi pengunjung. Waktu pendakian terbaik pada saat menjelang fajar, sehingga kamu dapat berkesempatan menikmati sunrise dipuncak Batur dengan view kalderanya yang indah.

courtesy Netmediatama Bali

Demikianlah ulasan kali ini perihal gunung untuk pendaki pemula yang wajib untuk dicoba. Terima kasih telah berkunjung ke VIZZ INDONESIA, semoga segala informasinya dapat menjadi sumber inspirasi tambahan bagi kamu dan para pembaca budiman sekalian. #youthenergy

Summary
Article Name
Gunung Untuk Pendaki Pemula
Description
rekomendasi gunung untuk pendaki pemula atau gunung yang cocok untuk pendaki pemula pria dan wanita. Info gunung untuk pemula terbaik dan terindah
Author
Publisher Name
Vizz Indonesia

Leave a Comment