ciri ciri berita hoax

Ciri Ciri Berita Hoax | Perhatikan Cara Membedakannya

Ciri ciri berita hoax atau cara membedakan berita hoax agar kita tidak mudah terhasut isu berita bohong. Dewasa ini begitu banyak berita yang belum jelas kebenarannya beradar luas. Dan membuat Indonesia terancam darurat berita hoax. Oleh sebab itu, perlu kedewasaan masyarakat untuk memilah berita-berita yang beredar. Kuncinya adalah jangan mudah emosi dan terpancing, kemudian pelajari dulu sumber beritanya dengan mengikuti ciri ciri berita hoax berikut ini.

Sebenarnya kasus seperti ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja, bahkan banyak negara-negara maju yang juga memiliki permasalahan serupa. Ya, memang bisa dibilang perkembangan teknologi juga memiliki peranan. Mengapa penyebaran berita palsu semakin mudah untuk dilakukan. Dimana kini pertukaran informasi dapat dilakukan dalam sekejab mata. Terutama pada penggunaan media sosial yang bebas dipergunakan oleh siapapun. Maka dari itu, kita harus lebih selektif dan paham ciri ciri berita hoax. Jangan asal membagikan ulang berita yang belum tentu benar.

Tambahan informasi juga tentang

Demi memberikan dukungan terhadap Pemerintah yang mensosialisasikan anti hoax. Maka kali ini kami akan memberikan sedikit informasi terkait ciri ciri berita hoax.  Semoga kini kita menjadi lebih dewasa dan tidak mudah termakan berita bohong yang marak bertebaran di dunia maya.

Apa itu Hoax?

Sebelum lanjut, sebenarnya itu apa sih? pengertian hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tapi dibuat seolah-olah benar adanya. Artinya serangkaian informasi yang memang sengaja disesatkan, lalu dipergunakan untuk menipu dan mengakali pembaca atau pendengarnya.

Mengapa Berita Hoax Dianggap Sangat Berbahaya?

  1. Berpotensi menimbulkan opini negatif, fitnah, penyebar kebencian
  2. Membuat orang menjadi takut, terancam, merusak reputasi hingga kerugian materi
  3. Menimbulkan perbedaan pendapat dan pandangan yang terlalu extreme
  4. Pengalihan isu
  5. Pemicu Kepanikan publik
  6. Penipuan publik
  7. isu SARA yang dapat memecah persatuan bangsa

Ciri Ciri Berita Hoax atau Cara Membedakan Berita Hoax

ciri ciri berita hoax

photo by kompasiana.com

1. Berita yang dapat menciptakan kecemasan, kebencian dan permusuhan (fear arousing)

2. Tidak memberikan sumber yang jelas dan tidak ada yang bisa dimintai pertanggung jawaban atau klarifikasi (whispered propaganda)

3. Pesan yang sepihak, menyerang dan tidak netral atau berat sebelah (one-sided)

4. Mencantumkan nama toko yang berpengaruh

5. Memanfaatkan fanatisme atas nama ideologi, agama atau suara rakyat

6. Menggunakan judul dan pengantar yang provokatif, biasanya tidak sesuai dengan isinya

7. Biasanya pembuat berita hoax akan meminta agar pembaca membagikan ulang berita tersebut

8. Menggunakan argumen dan data yang sangat teknis supaya terlihat ilmiah lalu bisa dipercaya

9. Manipulasi foto dan keterangannya. Atau menggunakan foto-foto lama dan berasal dari peristiwa di tempat lain

10. Artikel yang ditulis biasanya menyembunyikan fakta dan data atau memelintir pernyataan narasumbernya

11. Biasa diposting atau publish oleh media yang tidak kredibel (abal-abal)

Itulah ciri ciri berita hoax yang bisa kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum benar-benar percaya atas sebuah berita. Lantas bagaimana cara agar tidak terhasut berita hoax atau cara agar tidak termakan berita hoax? berikut uraiannya

Cara Agar Tidak Terhasut Berita Hoax, Perhatikan Ciri Ciri Berita Hoax

1. Cek Siapa Pembuat Beritanya, Jangan Percaya Pada Akun Anonim

Sebaiknya lihat terlebih dahulu siapa penulis berita tersebut, terutama bagi kamu yang gemar menggunakan media sosial. Perhatikan bila pembuat berita adalah akun anonim sebaiknya Jangan Percaya! Apa yang dimaksud akun anonim? akun-akun ini biasanya tidak menggunakan nama palsu dan umumnya tidak lazim (seperti menggunakan nama tokoh terkenal hingga artis). Kemudian untuk identitasnya pun palsu sehingga sulit untuk meminta pertanggung jawaban.

2. Jangan Terbuai Dengan Jumlah Follower Dan Like

Bagi kamu pengguna media sosial maka jangan mudah percaya walaupun akun tersebut memiliki jumlah follower atau like yang banyak. Karena keduanya bukanlah patokan apakah akun itu asli atau anonim.

3. Jangan Mudah Percaya Dengan Judul Yang Berlebihan

Tentu kamu sudah tak asing lagi dengan banyaknya media online yang menggunakan judul berlebihan disetiap artikelnya. Ada baiknya kamu curiga dengan artikel yang menggunakan judul tersebut. Apa lagi ternyata judulnya berbeda dengan isi dari konten artikel di dalamnya. Pihak penulis menggunakan teknik itu agar membuat orang tertarik untuk membaca, kemudian membagikan ulang berita yang ia buat.

4. Jangan Mudah Terpancing Emosi

Mungkin kamu sudah sering menemukan sebuah konten berisi tentang berita yang menyinggung SARA. Dimana isi beritanya terkadang membuat emosi dan akhirnya memancing kita untuk memberikan komentar berupa cacian atau makian. Tentu kita dapat bayangkan, pasti dari cacian atau makian kita itu akan memancing respopn orang lain yang tak sependapat dengan kita untuk berkomentar juga. Hingga pada akhirnya memunculkan perdebatan yang panjang di kolom komentar. Di sadari atau tidak, hal inilah yang diinginkan oleh pembuat berita. Karena berita hoaxnya telah sukses.

5. Gunakan Insting Dan Lebih Dewasalah Dalam Penggunaan Internet

Percaya atau tidak, sebenarnya pada saat membaca sebuah berita, ada sebuah insting alami yang mempertanyakan kebenaran berita tersebut. Jadi cobalah untuk lebih peka. Selain itu dalam penggunaan internet pun ternyata dibutuhkan kedewasaan. Karena dengan kita gegabah membagikan ulang sebuah berita hoax. Membuat berita itu semakin viral dan artinya semakin banyak orang yang tertipu dengannya.

6. Buktikan Keaslian Gambar Atau Video

Jika kamu tidak yakin akan sebuah berita, maka tidak ada salahnya untuk menyelidiki keaslian foto atau video pendukung berita itu. Karena kebanyakan berita hoax yang menggunakan judul berlebihan. Dan biasanya juga menggunakan foto atau video yang sama berlebihannya. Pembuat berita akan berusaha membuat atau memanipulasi foto dan video agar terlihat nyata agar bisa dipercaya.

7. Cek Berulang Kali Pada Sumber Yang Berbeda

Meski terkesan buang waktu, namun demi kejelasan sebuah berita maka kamu perlu untuk mengecek kebenarannya dibeberapa sumber yang berbeda. Cukup ketikkan judul berita yang ingin dicek ke Google seacrh engine saja. Maka dalam sekejab akan muncul berita serupa dari berbagai media online (jika berita tersebut benar-benar asli).

courtesy by viva.co.id

Demikianlah ulasan kalil ini perihal ciri ciri berita hoax atau cara membedakan berita hoax. Terima kasih telah berkunjung ke Vizz Indonesia. Semoga segala informasinya dapat menambah wawasan bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian. #youthenergy

Summary
Ciri Ciri Berita Hoax Perhatikan Cara Gampang Membedakannya
Article Name
Ciri Ciri Berita Hoax Perhatikan Cara Gampang Membedakannya
Description
Ciri ciri berita hoax atau cara membedakan berita hoax supaya tau cara agar tidak termakan berita hoax atau cara agar tidak terhasut berita hoax dan berita bohong
Author
Publisher Name
Vizz Indonesia

Leave a Comment