cara merawat power bank

Cara Merawat Power Bank | Tips Jitu Agar Panjang Umur

Cara merawat Power Bank atau tips merawat Power Bank agar awet tidak mudah rusak. Dengan powerbank original yang umur panjang, artinya kamu akan lebih hemat dan pengeluaran pun lebih efisien. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk tau bagaimana cara merawat power bank yang benar. Mengingat keberadaan perangkat ini begitu penting, terlebih bagi kamu yang sering beraktifitas diluar ruangan.

Seperti yang kita ketahui, jika di zaman modern ini power beng menjadi barang kedua terpenting yang dibawa kemana-mana setelah smartphone. Ya, kedua barang ini seakan tak bisa dipisahkan dan menjadi sebuah keharusan terutama bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Karena tingginya kebutuhan itulah, kini banyak beredar power bank dari berbagai merek serta kapasitasnya. Tapi agar tidak tertipu, sebaiknya kamu tau dulu ciri ciri power bank terbaik agar tidak salah pilih. Meskipun barang ini dianggat cukup vital, tapi ternyata belum banyak yang tau cara merawat Power Bank agar tidak cepat rusak.

Tambahan informasi juga tentang

Kebanyakan orang berpendapat apabila power banknya cepat rusak, maka produk tersebut dianggap kurang bagus atau jelek. Padahal belum tentu itu adalah murni kesalahan dari produk. Bisa saja, hal itu terjadi karena cara perawat yang salah. Inilah pentingnya untuk mengetahui cara merawat power bank baru atau lama, agar kita tidak gagal paham.

Tips & Cara Merawat Power Bank Agar Panjang Umur

1. Cara Pengisian Yang Tepat

Tata cara dalam pengisian daya power bank termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi umur power bank. Perihal tata cara mengisi power bank yang benar ialah pada saat daya powerbank tersisa sekitar 15-20% kapasitas daya. Usahakan jangan sampai mati total karena kehabisan daya. Selain itu, jangan biarkan kabel charge tetap terhubung walaupun power bank telah terisi penuh (over charging). Meskipun pada Power Bank terbaik biasanya telah dilengkapi dengan teknologi Over Charging Protection, tetap saja jika dilakukan secara terus menerus maka baterai powerbank akan cepat drop/bocor.

2. Jangan Terlalu Sering Di Charging

Kenapa begitu? sebetulnya ini merupakan tips lanjutan dari uraian diatas. Disarankan untuk kamu melakukan cara mengecas Power Bank saat daya tersisa sekitar 15-20%. Alasannya ialah agar tidak cepat menghabiskan umur baterai yang ada di dalam Power Bank. Tentu kita tau, jika di dalam powerbank terdapat sebuah baterai power bank berjenis Li-Ion atau Li-Polymer.

Dimana untuk baterai jenis Li-Ion memiliki siklus maksimal 500 kali charging. Sedangkan untuk Li-Polymer memiliki siklus yang lebih panjang yakni 1000 kali charging. Jadi kalau cara perawatan Power Bank kamu benar dengan asumsi melakukan charging 1x dalam sehari, artinya dalam setahun kamu bisa mencharging sekitar 365 kali. Dengan kata lain Power Bank kamu seharusnya bisa memiliki umur lebih dari setahun. Itulah mengapa juga disarankan kamu untuk membeli Power Bank yang memiliki garansi minimal 1 tahun pemakaian seperti Powerbank Vizz.

3. Hindari Suhu Yang Terlalu Dingin atau Panas

Perlu diketahui bilamana Power Bank sebenarnya tidak terlalu tahan dengan temperatur yang ekstream. Itu karena sifat dari baterai yang berada di dalam powerbank yang sensitif pada suhu terlalu dingin atau terlalu panas. Alangkah baiknya untuk menghindari powerbank dari paparan panas matahari secara langsung. Sekaligus hindari pula area lembab, apalagi hingga terkena air. Karena dapat merusak komponen yang ada di dalamnya.

4. Jangan Menggunakan Smartphone Saat Memakai Power Bank

Apa kamu termasuk orang yang sering menggunakan smartphone pada saat terhubung dengan powerbank? Atau kmu sering bermain game atau streaming video? Sebaiknya kebiasaan tersebut kamu hentikan. Pasalnya menggunakan smartphone apalagi dengan membuka aplikasi yang berat akan menyebabkan arus listrik yang tidak stabil. Dan powerbank dipaksa mengantarkan arus listrik 2x lipat. Alhasil maka akan berbahaya pada kedua perangkat (smartphone dan powerbank).

5. Jangan Sampai Terbentur atau Terjatuh

Tentu kita setuju bukan, jika kebanyakan peralatan elektronik sangat rentan terhadap bantingan. Pasalnya banyak komponen-komponen kecil yang akan tergeser atau bahkan rusak, jika terkena benturan keras atau terjatuh. Karena itu jaga baik-baik, jangan sampi Power Bank kesayangan kamu terjatuh.

6. Hindari Dari Benda Bermagnet

Cara merawat Power Bank terakhir ialah menghindarkan benda-benda bermagnet. Seperti halnya smartphone yang akan rusak jika diletakkan lama-lama didekat benda bermagnet, powerbank pun demikian. Benda-benda disekitar kamu bisa saja memiliki magnet yang cukup besar. Seperti kulkas, speaker, kartu debit/atm, kartu kredit dan lain-lain. Hal ini karena magnet yang ada dibenda-benda tersebut dapat menyebabkan tabrakan gelombang magnetik dari powerbank. Sebisa mungkin jauhkan benda-benda bermagnet dari sekitar powerbank.

courtesy by Vizz Official

Demikianlah ulasan kali ini perihal cara merawat power bank atau tips merawat power bank bagus. Terima kasih telah berkunjung ke Vizz Indonesia. Semoga segala informasinya dapat menjadi sumber referensi bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian. #youthenergy

Summary
Cara Merawat Power Bank | Tips Jitu Agar Umur Panjang
Article Name
Cara Merawat Power Bank | Tips Jitu Agar Umur Panjang
Description
cara merawat power bank atau cara merawat powerbank sekaligus tips merawat power bank yang benar. Cara mengecas power bank baru atau lama dan cara mengisi power bank agar tidak cepat rusak dan umur panjang
Author
Publisher Name
Vizz Indonesia

Leave a Comment