kota hilang

Kota Hilang Yang Ditemukan Kembali Secara Tidak Sengaja

Kota hilang yang ditemukan kembali atau kota yang hilang di dunia paling terkenal dan penuh misteri. Uniknya beberapa kota yang hilang ini bentuknya masih cukup baik walaupun telah hilang selama berabad-abad. Dari setiap kota hilang di dunia yang ditemukan kembali, umumnya memiliki peradaban kuno yang menarik untuk diketahui. Dan tentu mengundang rasa penasaran kita seperti apa yaa kira-kira kota itu?

Seperti yang kita ketahui, diperkirakan dulu manusia hidup dengan cara berpindah-pindah (nomaden). Namun peradaban manusia juga memiliki siklus. Entah karena berbagai hal seperti bencana alam besar atau peperangan membuat beberapa peradaban sebuah kota hilang seperti ditelan bumi. Oleh sebab itu guys, cukup sulit memang mencari keberadaan kota yang hilang ini dengan informasi yang terbatas.

Tambahan informasi juga tentang

Hampir dari kebanyakan kota hilang ini ditemukan berawal dari ketidak sengajaan. Dan kemudian diteruskan dengan project penelitian yang melibatkan para arkeolog ternama untuk mengungkap kota misterius ini. Kota hilang apa saja yang telah ditemukan, berikut adalah ulasannya.

Kota Hilang Yang Ditemukan Kembali

1. Palenque, Meksiko

kota hilang

Kota Palenque merupakan tempat Suku Maya tinggal yang berada di kaki Gunung Tumbala, Ciapas, Meksiko. Menurut penelitian Palenque berkembang pesat pada abad ke-7. Namun naas kota ini harus tumbang atas serangan dari Suku Tonina pada tahun 703 M. Dan tepat pada tahun 800 M, para Suku Maya terpaksa meningkalkan Kota Palenque untuk mencari tempat tinggal yang baru.

Dikarenakan unsur sejarah yang penting serta arsitektur kota yang indah, maka pada tahun 1981 Kota Palenque ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh pemerintah Meksiko. Dan pada 1987 pihak UNESCO menjadikannya salah satu Situs Warisan Dunia. Menurut penelitian yang telah dilakukan, tercatat sejak tahun 2005 hingga saat ini dipercaya penemuan itu baru sekitar 10% dari total keseluruhan luas Kota Palenque. Sehingga masih ada ribuan struktur bangunan yang kemungkinan tertutup oleh rapatnya hutan Meksiko.

2. Sigiriya, Sri lanka

kota hilang

Sigiriya merupakan kota hilang yang terbilang unik sekaligus indah. Bagaimana tidak, pasalnya kota ini terletak disebuah bukit karang besar setinggi 200 meter. Lokasi Sigiriya terletak di Distrik Matale, Sri langka. Dibangun pada abad ke-5 pada masa kejayaan Raja Kashypa, dimana semasanya Sigiraya merupakan kota sekaligus benteng yang kokoh karena terletak diatas ketinggian. Dikarenakan keindahan Kota Sigiriya, pihak UNESCO menetapkannya sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Dan pihak Sri lanka pun menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata Srilanka terfavorit.

Jadi bila kamu berlibur ke Sri lanka maka jangn lupa ya guys untuk mampir ke Sigiriya. Konon sang raja dulu memiliki 500 orang istri. Masing-masing istrinya dilukis pada dinding goa yang hilang kini masih bisa kamu nikmati, namun sayang hanya tersisa sekitar 20 lukisan saja. Kemudian saat berada dipuncak bukit ini, kamu akan dapat melihat reruntuhan hall (tempat raja dan permaisuri mengadakan pesta dansa). Dan diakhiri dengan mandi bersama disebuah kolam besar yang masih tersisa hingga sekarang.

3. Angkor, Kamboja

kota hilang

Kota Angkor memiliki peran yang cukup vital dalam Kerajaan Khmer yang berkembang di abad ke-9 di Kamboja. Pasalnya di kota merupakan tempat tinggal bagi masyarakat pra-industri yang cukup besar dan menjadi pusat spiritual terkenal di dunia. Akan tetapi, kota ini hancur dan ditinggalkan sejak diserang oleh Kerajaan Ayutthaya, Thailand pada tahun 1431. Akibat penyerangan tersebut, para penduduk terpaksa mengungsi ke selatan Kamboja, Phnom Penh. Lambat laut Kota Angkor mulai tertutup hutan lebat dan terlupakan. Barulah pada tahun 2007, kota ini ditemukan secara tidak sengaja karena terlihat saat proses pemotretan satelit.

4. Pompeii, Romawi

kota hilang

 

Kota hilang selanjutnya ialah Pompeii, Romawi yang masuk dalam teritorial wilayah Campania, Italia. Pompeii menjadi cukup populer dikarenakan nilai sejarah yang dimiliki kota ini. Diangkat kebeberapa film menjadikan bukti jika Pompeii memang memiliki daya tarik untuk dipelajari lebih lanjut. Kota Pompeii didirikan pada masa kejayaan Kekaisaran Romawi. Konon kota ini menjadi salah satu kota terpenting di masanya, selain menjadi kota pelabuhan sekaligus sebagai salah satu basis pasukan pemberontak yang melawan Kerajaan Roma.

Berdasarkan letak geografi kota kuno ini yang berada dekat dengan Gunung Berapi Vesuvius, maka kota ini sering mengalami bencana gempa bumi. Bahkan karena seringnya gempa yang terjadi seolah masyarakatnya menjadi terbiasa. Namun tercatat dalam sejarah, Pompeii hancur akibat letusan Gunung Vesuvius pada 79 M. Peristiwa tersebut benar-benar meluluhlantakan seisi kota bahkan hingga kota ini ditemukan pertama kali pada 1599 masih banyak terdapat jasad warga yang telah menjadi batu. Karena nilai sejarah Kota Pompeii yang tinggi, membuat pihak UNESCO menjadikannya sebagai salah satu warisan dunia.

5. Petra, Yordania

kota hilang

Taukah kamu jika nama Petra itu dalam bahasa Yunani berarti Batu lho guys. Nah nama tersebut digunakan berdasarkan letak Kota Petra yang memang trletak disebuah kawasan pegunungan berbatu. Dikelilingi oleh Gunung Harun (Jabal Harun) atau Gunung Hor atau dikenal juga dengan El-Barra. Bangunan Kota Petra secara keseluruhan berupa tebing-tebing berbatu yang kemudian dipahat secara manual dengan tangan pada tahun 9 SM.

Selain memiliki nilai estetika dalam arsitekturnya, ternyata Petra juga menjadi lokasi penting bagi tiga agama. Percaya atau tidak guys, pada abad ke-14 kota ini menjadi tempat suci bagi umat Islam, Yahudi dan Nasrani. Tapi sayangnya setelah Perang Salib terjadi, kota ini hilang selama 500 tahun. Hanya para penduduk lokal Arab saja yang mengetahui lokasinya. Tapi kini Kota Petra menjadi salah satu tujuan wisata di Yordania yang terkenal dan masuk dalam salah satu situs warisan budaya dunia oleh UNESCO.

6. Memphis, Mesir

kota hilang

Kota Memphis, Mesir didirikan sekitar 2925 SM oleh Menes. Menjadi Ibukota Mesir selama periode awal dinasti (sekitar 3100-2613 SM) dan periode Old Kingdom (2613-2160 SM) menjadikan Kota Memphis sangat berarti bagi perkembangan Negara Mesir. Dan pada periode Middle Kingdom, Ibukota Mesir pindah di Kota Ijtawy dan pada masa New Kingdom kembali dipindahkan di Luxor.

Sebenarnya nama Memphis bukan berasal dari bahasa Mesir, melainkan dari Yunani. Kalau dalam bahasa Mesir, kota ini bernama Men-Nefer dan jika nama Mesir Kunonya yaitu Inebou0Hedjou (berarti dinding putih). Setelah hilang selama ribuan tahun, kota kuno ini ditemukan kembali oleh ekspedisi Napoleon pada akhir tahun 1700-an. Dan menjadi salah satu museum sekaligus tempat wisata di Mesir yang wajib dikunjungi.

7. Machu Picchu, Peru

kota hilang

Berada diatas ketinggian sekitar 2.350 mdpl tepatnya di lembah Urubamba, Peru. Kota Machu Picchu memiliki arti “Gunung Tua” dan menjadi simbol yang penting dimasa Kekaisaran Inca. Tak heran jika kota ini juga dikenal dengan nama “Kota Inca yang Hilang”. Dibangun sekitar tahun 1450 dan hilang selama 461 tahun hingga ditemukan kembali diantara hutan lebat pada tahun 1911.

Banyak pakar arkeolog yang berpendapat jika Kota Machu Picchu kala itu memang sengaja dihancurkan oleh pihak Spanyol setelah berhasil menjatuhkan Kekaisaran Inca. Tapi kini desa hilang ini menjadi salah satu andalan bagi tempat wisata Peru yang pada 1983 dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

courtesy by Official NET News

Nah itulah guys 7 Kota Hilang yang ditemukan kembali karena gak sengaja. Demikian ulasannya dan terima kasih telah berkunjung ke Vizz Indonesia. Semoga segala informasinya dapat menjadi tambahan wawasan bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian. #youthenergy

Summary
Article Name
Kota Hilang Yang Ditemukan Kembali Secara Tidak Sengaja
Description
Kota Hilang yang ditemukan kembali atau kota yang hilang di dunia yang paling terkenal. Desa Hilang atau Kota Kuno yang hilang dari peradaban dunia
Author
Publisher Name
Vizz Indonesia

Leave a Comment