superhero indonesia

Superhero Indonesia (Ngeri Tapi Dilupakan)

Superhero Indonesia atau tokoh superhero Indonesia yang telah ada sejak dulu dan kini mulai dilupakan oleh generasi millenial. Jika bicara tentang tokoh superhero Marvel vs DC, tentulah kita semua sudah tau dong guys. Ya, terlebih berkat kesuksesan beberapa film layar lebar superhero seperti contohnya serial The Avengers atau X-Men membuat para tokoh-tokohnya terkenal hampir diseluruh dunia. Namun pertanyaannya ialah, apakah kita sudah tau akan daftar superhero di Indonesia?

Seperti kebanyakan karakter superhero, umumnya mereka berasal dari serial komik yang kemudian diangkat ke layar lebar. Sebenarnya kita juga pernah loh guys, memiliki beberapa superhero asli Indonesia yang populer. Namun dikarenakan beberapa faktor para pahlawan super Indonesia ini seperti hilang ditelan bumi hingga akhirnya dilupakan. Padahal karakter superhero Indonesia kekuatannya sungguh luar biasa dan kalo disatukan dengan Tim Avengers, pasti deh dijamin Thanos akan lari kocar kacir.

Mungkin juga para komikus Indonesia yang kurang mendapat tempat dihati para masyarakat. Padahal komikus kita sudah diakui loh oleh Marvel akan kemampuan dan ide kreatifitasnya dalam menciptakan sebuah karya komik berkualitas. Kumikus Indonesia dianggap memiliki gaya yang unik sehingga bisa menciptakan karakter pahlawan super yang sesuai dengan budaya dan tradisi Indonesia.

Tambahan informasi juga tentang

Miris melihat generasi yang sekarang justru lebih tau tentang pahlawan luar, ya tidak salah memang karena ini merupakan perkembangan jaman. Tapi jika bukan kita? siapa lagi yang akan melestarikannya. Dan sebagai bentuk kepedulian Vizz Indonesia terhadap para jagoan dalam komik asli Indonesia, maka kali ini akan mengulas perihal daftar Superhero Indonesia paling terkenal. Tak kenal maka tak sayang, nah guys yuk kita kenalan dengan para tokoh idola berikut.

10 Superhero Indonesia Yang Paling Ngeri

1. Aquanus

superhero indonesia

Aquanus merupakah tokoh karya Widodo NS pada 1968(sebelum menciptakan Godam), meskipun terinspirasi dari Aquaman (tokoh superhero Amerika). Perlu kamu ketahui, jikalau Aquanus sejatinya bukan berasal dari Bumi melainkan dari Planet Zyba. Dimana bangsa Zyba dapat hidup di darat dan di laut (amfibi). Maka tak heran jika Aquanus juga memiliki kemampuan bernafas di dalam air sejak ia lahir. Konon sewaktu bayi, Aquanus dilarikan dari Planet Zyba menggunakan roket hingga terjatuh ke Bumi. Kemudian ia di rawat oleh keluarga pemburu paus dan diberi nama “Dhanus”. Dari situlah nama Aquanus berasal yakni dari kata “Aqua” yang berarti Air dan “Nus” adalah namanya.

Pada usia dewasa, Dhanus yang mengetahui jati dirinya yang bukan berasal dari Bumi memutuskan untuk kembali ke Planet Zyba yang sedang dalam bahaya. Singkat cerita, berkat kemampuan sabuk yang ia gunakan bisa mengeluarkan sinar pelangi yang memiliki kemampuan penghancur sangat tinggi maka Zyba berhasil diselamatkan.  Setelah itu ia kembali lagi ke Bumi. Dan akhirnya bergabung bersama Godam, Gundala dan lain-lainnya untuk menumpas kejahatan di Bumi. Ya, semacam Avengers lah guys tapi mungkin dalam versi jadulnya.

2. Caroq

superhero indonesia

Caroq merupakan tokoh komik karya Ahmad Thoriq pada 1992 yang terinspirasi dari kebudayaan suku Madura. Maka tak heran jika kita melihatnya pertama kali, kita langsung bisa mengenali jagoan khas Indonesia ini. Sempat populer di era 90-an membuat Caroq cukup akrab bagi kamu yang mengaku sebagai generasi 90an. Dalam komik, Caroq memiliki kehidupan biasa sebagai seorang supir taxi bernama Ongko. Memiliki keterampilan dalam ilmu beladiri menjadi senjata ampuh dalam menghabisi musuh bebuyutannya yakni Si Bengis dan Si Tangan Empat.

3. Zantoro

superhero indonesia

Zantoro berasal dari keluarga yang kurang harmonis alias broken home. Dimana sang adik yang bernama Mantoro tinggal bersama sang ibu, sedangkan Zantoro tinggal bersama sang ayah. Ayah Zantoro merupakan seorang pandai besi yang terkenal akan karya senjata tajamnya. Nah dari sang ayahlah Zantoro belajar pembuatan senjata tajam dan keahlian memainkannya. Ia sangat benci dengan kejahatan, jangan heran jika tak segan-segan menumpas setiap kejahatan yang ada dihadapannya.

4. Maza

superhero indonesia

Berawal dari sebuah mimpilah kekuatan Maza didapat untuk pertama kalinya. Setiap kali beraksi biasanya Maza akan ditemani seorang sahabat “Jin” bernama Jin Kartubi yang dapat sewaktu-waktu dipanggil melalui pisau belati. Maza Sang Penakluk mempunyai nama asli “Kanigara” yang notabene merupakan karya Hasmi pada 1968. Dikenal dengan penampilannya yang cukup unik, karena berpenampilan seperti Tarzan.

5. Saras 008

superhero indonesia

Saras 008 merupakan salah satu superhero wanita Indonesia yang populer di era 90an. Dikenal melalui sinetron yang ditayangkan pada stasius tv swasta di 1998 hingga 2000-an, membuat tokoh Saras 008 yang diperankan oleh Selly Hasan sangat disukai kala itu. Berawal dari arwah kucing yang merasuki dirinya, membuat Saras 008 memiliki kekuatan super dan ahli bela diri. Selain itu, Saras juga bisa mengeluarkan tenaga dalam serta sinar laser penghancur yang selalu digunakan saat melawan musuh bebuyutannya yaitu Mr Black. Kelebihan lainnya yang tak dimiliki para tokoh superhero Indonesia atau dunia ialah Saras 008 memiliki nyawa 9 layaknya seperti seeokor kucing. So pasti bakal susah mati kan guys?

6. Volt

superhero indonesia

Volt merupakan tokoh karya Marcelino Lefrandt dan Aswin Siregar pada 2012 lalu. Kostum superhero Indonesia yang satu ini memang banyak terinspirasi dari tokoh lainnya seperti Gundala, Flash, Captain Britain dan Batman. Seperti namanya, Volt memang memiliki kekuatan listrik. Dengan itu pula Volt bisa memanfaatkan kekuatan listriknya sebagai pertahanan dari setiap serangan musuh.

7. Panji Tengkorak

superhero indonesia

 

Tokoh Panji Tengkorak merupakan seorang pendekar jago silat yang memiliki penampilan yang cukup unik. Menggunakan pakaian compang camping dengan wajah yang ditutupi topeng tengkorang membuat ia sering kali dikira sebagai seorang pengemis. Padahal dibalik topeng seramitu, Panji memiliki paras yang tampan, tak heran jika banyak wanita yang jatuh cinta padanya. Di dalam komik, awalnya Panji hidup tenang di Pulau Ular dengan seorang istri bernama “Murni”. Namun suatu ketika istrinya yang terbunuh oleh seorang bajak laut yang ingin merebut sebuah kitab silat yang disimpan oleh Panji.

Sejak kematian sang istrilah, Panji memutuskan untuk berkenala dan dari sinilah kisah perjuangan kepahlawanan serta kisah percintaannya dimulai. Komik Panji Tengkorang diciptakan oleh Hans Jaladara pada 1960-an. Dan dalam perjalananan komik Panji memiliki versi sambung ke beberapa komik lainnya yang tak dapat dipisahkan. Dimana terdapat beberapa tokoh penting yang saling berkaitan mulai dari Si Walet Merah, Si Rase Terbang dan beberapa wanita cantik yang menghiasi kehidupan dari si Panji Tengkorak.

8. Godam Manusia Besi

superhero indonesia

Godam Manusia Besi adalah patner dari Gundala Putra Petir, keduanya berduet dalam menghabisi para penjahat. Ya, seperti Batman-Robin lah guys. Godam karya Widodo Noor Slamet (Widodo NS) memiliki kekuatan hampir sama dengan Superman yakni kuat, kebal senjata dan bisa terbang. Asal usul Godam sebenarnya bukan berasal dari Bumi, melainkan dari Negeri Godam. Ditempat asalnya itu kedua orang tua dan Godam yang masih bayi terpaksa melarikan diri dari seorang ratu jahat bernama Ratu Candalani.

Dalam masa pelariannya tersebutlah Godam mendapatkan benda-benda pusaka seperti Baju Sakti yang membuat ia kuat dan jubah yang bisa terbang. Dari benda-benda inilah ia mendapatkan kekuatan hingga akhirnya membantu Gundala menumpas kejahatan di muka bumi ini. Kesuksesan Godam pada era 80an tak perlu diragukan lagi, terbukti dengan serial komik hingga 15 judul.

9. Gundala Putra Petir

superhero indonesia

 

Gundala Putra Petir merupakan superhero dari Indonesia terfavorit dari dulu hingga sekarang. Sang penciptanya yaitu Hasmi yang sudah menciptakan banyak tokoh. Namun tetaplah Gundala yang menjadi karya kebanggaannya. Memiliki kekuatan super berupa petir dari kedua tangannya serta dapat lari sangat cepat, bisa dikatakan jika Gundala adalah gabungan antara Thor dan The Flash.

Pada awal kemunculan komiknya pada 1969, sang pencipta sebenarnya terinspirasi dari tokoh legenda jawa yaitu Ki Ageng Sela yang konon bisa menangkap petir. Kekuatan Gundala berasal dari warisan ayah angkatnya yang notabene merupakan Raja dari Kerajaan Petir. Dikarenakan kepopulerannya, membuat Gundala pernah diangkat ke layar kaca pada 1982. Kemudian di 2018 ini, sutradara kondang Joko Anwar dipilih untuk memproduksi kembali Gundala Putra Petir yang akan rilis pada pertengahan 2019 nanti. Bagi kamu guys yang kangen dengan jagoan ini, wajib tuh kita tunggu jadwal rilisnya yaa.

10. Gatot Kaca

superhero indonesia

 

Bagi kamu para gamer Mobile Legends, mungkin sudah tau dengan kehadiran hero meta Gatot Kaca kan? Bagi masyarakat Indonesia khususnya para warga Jawa, Gatot Kaca berasal dari kisah pewayangan yang dianggap telah menjadi kebudayaan khas Jawa. Tapi ada pula yang beranggapan jikalau Gatot Kaca berasal dari karya sastra kuno Mahabharata, India. Ya, memang jika ditelaah ada perbedaan cerita diantara kedua versi ini. Namun yang pasti keduanya menggambarkan Gatot Kaca sebagai sosok manusia setengah raksasa yang mempunyai kekuatan sangat dahsyat. Memiliki pakaian pusaka yang membuat ia bisa terbang secepat kilat untuk mengalahkan semua musuhnya. Maka tak heran bilamana ia dijuluki “Si Otot Kawat Tulang Besi”.

courtesy by Liputan 6

Nah Itu dia guys 10 superhero Indonesia paling terkenal. Terima kasih telah berkunjung ke Vizz Indonesia. Semoga segala informasi diatas dapat menambah wawasan, serta membuat kita semakin mengenal dan bangga dengan karya sendiri. #youthenergy

Summary
Superhero Indonesia Ngeri Tapi Dilupakan
Article Name
Superhero Indonesia Ngeri Tapi Dilupakan
Description
superhero Indonesia atau daftar superhero Indonesia dalam komik superhero terpopuler pahlawan super Indonesia
Author
Publisher Name
Vizz Official

Leave a Comment