youtube diblokir

Youtube Diblokir 12 Negara Ini Kenapa Ya Alasannya?

Youtube diblokir atau memblokir Youtube dilakukan oleh beberapa negara dunia karena beberapa alasan mulai politik, khawatir isu SARA hingga konten pornografi. Nah guys, bagi kamu yang doyan banget streaming atau mengunduh video Youtube sebenarnya kamu termasuk beruntung. Coba bayangkan jika kamu tinggal di negara yang ternyata Youtube diblokir oleh pihak pemerintah setempat. Gimana tuh rasanya?

Tentu kita tau jikalau, Youtube merupakan media sosial terpopuler yang dimiliki oleh developer Google. Menjadi portal bagi konten video yang memungkinkan para penggunanya untuk mengunggah, menontoh dan sharing video dalam jumlah tak terbatas. Tapi karena alasan tersebutlah ada beberapa negara yang mengkhawatirkan hal tersebut. Walaupun pihak Youtube sudah memberikan beberapa regulasi terkait setiap konten video yang akan diunggah. Tapi tetap saja negara-negara ini masih merasa khawatir dan akhirnya memutuskan Youtube diblokir dan tidak bisa diakses oleh para warganya.

Tambahan informasi juga tentang

Dunia maya dianggap sangat penting bagi kehidupan sehari-hari di era milenial saat ini. Kemudahan akses serta bisa mendapatkan informasi apapun dalam waktu yang singkat adalah alasannya. Tapi memang diperlukan regulasi khusus yang mengatur lalu lintas informasi di internet. Sebenarnya di Indonesia juga telah melakukan hal serupa yakni dengan memblokir beberapa situs kontroversial, tapi memang tidak sefrontal beberapa negara ini. Selain Youtube diblokir, pihak Google pun ikut diblokir juga dan bahkan beberapa aplikasi free chatting lainnya. Negara apa saja itu? berikut ulasannya guys

Youtube Diblokir Ke-12 Negara Ini, Gokil

1. Indonesia

Nah guys mungkin nih kamu masih ingat jika pada 1 April 2008 lalu Indonesia pernah juga loh memblokir Youtube. Melalui Muhammad Nuh selaku Menkominfo kala itu, telah mengirimkan surat teguran pada Youtube untuk menghapus sebuah film Belanda berjudul “Fitna” dari Geert Wilders. Dimana pihak Indonesia memberikan waktu dua hari dan selama itu Youtube tidak bisa dibuka. Hingga 10 April 2008 akhirnya Youtube kembali bisa diakses.

2. Thailand

Ada 3 peristiwa yang menyebabkan warga Thailand tidak bisa masuk Youtube. Pertama terkait video pidato mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawara dalam CNN. Kemudian pada 3 April 2007, Youtube diblokir kembali karena adanya video yang menghina Raja Bhumibol Adulyadej. Namun setelah negosiasi dan pihak Youtube bersedia menghapus video itu maka pada 30 April 2007 Youtube sudah bisa dibuka lagi. Tak berselang lama, tepat pada 21 September 2007 kembali terjadi pemblokiran karena ada video yang menuduh Prem Tinsulanonda (mantan Perdana Menteri 1980-1988) yang mencoba melakukan kudeta atas tahta kerajaan untuk menjadikannya Raja Thailand.

3. China

Seperti kita tau jika China mengasingkan diri dari pengaruh dunia barat termasuk dengan informasi digital. Hal tersebut berimbas pada 2007 dengan pemblokiran produk Google seperti Youtube dan beberapa media sosial lainnya. Pihak pemerintah China beralasan agar menjaga situasi tetap kondusif, dan menganggap informasi digital sangat berbahaya bagi politik dan ekonomi China. Akan tetapi tidak semua daerah di Chinna tidak dapat menikmati layanan Youtube, sebenarnya masih ada Shanghai Zone yang masih tetap bisa lihat Youtube tersebut karena dianggap sebagai daerah perdagangan bebas.

4. Korea Utara

Korea Utara memang termasuk negara yang cukup ketat terhadap arus informasi dan budaya dari luar negaranya. Tak terkecuali arus informasi online, dimana pihak Korea Utara memblokir untuk Facebook, Youtube, Twitter dan beberapa situs lainnya. Pemblokiran ini dilakukan melalui jaringan mobile Koryolink yang notabene adalah provider internet terbesar di Korut. Dan kemudian diikuti pula dengan provider internet lainnya. Pemblokiran yang dilakukan ini dikarenakan untuk mengantisipasi tersebarnya foto, video atau informasi lainnya yang memperlihatkan kondisi Korea Utara.

5. Brazil

Bermula dengan beredarnya sebuah video hot seorang model sekaligus VJ MTV Brazil bernama Daniela Cicarelli (mantan tunangan Ronaldo). Dalam video tersebut menampilkan adegan mesum Daniela bersama sang pacar di pantai Spanyol. Geram akan hal itu, Daniela mengajukan tuntutan pada Youtube agar menghapus video tersebut. Dan 6 Januari 2007, Pemerintah Brazil pun membantu Daniela dengan memberlakukan penyaringan video Youtube. Namun dirasa itu kurang cukup, maka diteruskan hingga akhirnya Youtube diblokir dari Brazil.

6. Maroko

Pihak Maroko juga pernah melakukan pencekalan terhadap Yotube, di sinyalir karena ada hubungannya dengan kelompok separatis Polisario atau ada film di Youtube yang mengkritik Raja Maroko Mohammed VI. Tapi setelah bernegosiasi, Youtube akhirnya kembali diakses pada 30 Mei 2007.

7. Pakistan

Sebenarnya bukan kali pertama Youtube dan media sosial lainnya diblokir oleh Pemerintah Pakistan karena tercatat sudah beberapa kali kasus serupa berlangsung sejak 2009 lalu. Tapi pemblokiran itu hanya bersifat sementara saja. Pihak Pakistan memang sangat konsen terhadap segala sesuatu yang dianggap berkaitan dengan Agama atau SARA. Karena masyarakat yang mayoritas Muslim sangat sensitif akan hal tersebut.

Kemudian pada 2017 lalu, muncul sebuah film berjudul “The Innocence of Muslim” yang beredar di Youtube. Film tersebut diduga melecehkan Nabi Muhammad SAW, sehingga memancing emosi warga Pakistan yang akhirnya menggelar demonstrasi dan berujung dengan kericuhan. Dalam aksi itu menewaskan 6 orang dan melukai 200 orang lebih. Sejak saat itulah pihak Youtube diblokir oleh pihak Pakistan dalam waktu yang belum ditentukan.

8. Sudan

Youtube diblokir oleh Pemerintah Sudah karena adanya beberapa video panitia pemilu yang memberikan suara palsu dan sama dengan Pakistan yang memprotes keras akan adanya film “The Innocence of Muslim”. Sehingga jika kamu berkunjung ke Sudan jangan harap ya bisa buka Youtube sesuka hati seperti di Indonesia.

9. Libya

Berawal ada beberapa video di Youtube yang menyebarkan video anti pemerintah. Bahkan pada 2010 ada sebuah video keluarga mantan Presiden Muammar Ghadafi yang sedang berpesta memicu sikap Pemerintah Libya untuk memblokir Youtube. Akan tetapi setelah Presiden Ghadafi lengser, Youtube pun kembali bisa di akses. Sehingga walaupun film itu sudah di hapus, tetap saja Youtube tidak bisa di akses.

10. Iran

Pada 3 Desember 2006 lalu, pihak Iran memblokir Youtube dan beberapa situs setelah beredar video hot dari bintang sinetron Iran. Tapi ada beberapa pendapat lainnya yang menyebutkan sebab lain yaitu adanya film di Youtube yang berisikan konten kelompok perlawanan Iran Utama melawan Rezim Islam Fundamentalis.

11. Turkey

Sebenarnya Turkey bukan baru pertama kali memblokir Youtube, Twiter dan facebook. Tercatat pemblokiran terjadi pada September 2007, Januari 2008, Maret 2008, Mei 2008, Juni 2008, Maret 2014 dan April 2015. Untuk saat ini pihak Pemerintah Turkey masih bingung apakah Youtube dianggap berbahaya atau tidak? dan perlukah untuk diblokir secara permanen.

12. Armenia

Armenia pernah berstatus darurat pada 2008 lalu, hal ini disebabkan kericuhan yang dipicu ketidak puasan hasil pemilu Presiden Armenia 2008. Kala itu tak ada media yang diperbolehkan beroperasi kecuali berita resmi dari Pemerintah, termasuk Youtube.

Demikianlah guys ulasan lengkap tentang Youtube diblokir negara atau negara tanpa Youtube. Terima kasih telah berkunjung ke Vizz Indonesia. Semoga segala informasinya dapat bermanfaat bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian. #youthenergy

Summary
Youtube Diblokir 12 Negara Ini Kenapa Ya Alasannya?
Article Name
Youtube Diblokir 12 Negara Ini Kenapa Ya Alasannya?
Description
Youtube diblokir oleh negara lain atau negara yang memblokir Youtube akhirnya Youtube tidak bisa dibuka atau tidak bisa masuk Youtube dan menjadi negara tanpa Youtube
Author
Publisher Name
Vizz Official

Leave a Comment