makanan ekstrim di Indonesia

Makanan Ekstrim Di Indonesia Yang Paling Nyeleneh

Makanan ekstrim di Indonesia atau makanan extreme Indonesia menjijikan tapi enak, bagi kamu guys yang senang mencoba hal-hal baru. Memiliki tampilan yang unik serta dibuat dengan bahan baku yang tidak lazim adalah kesan pertama jika kita melihat makanan ekstrim di Indonesia ini.

Tentu kita setujukan guys, bila makan menjadi salah satu kebutuhan utama kita sebagai makhluk hidup. Bangsa Indonesia yang terdiri dari banyak suku bangsa, pastinya juga memiliki kekayaan kuliner khas Indonesia yang beragam. Tapi taukah kamu jika kekayaan kuliner ini juga mencakup makanan ekstrim di Indonesia yang menurut sebagian orang dianggap tak wajar.

Tambahan informasi juga tentang

Yang mengherankannya ya guys, walaupun termasuk kuliner ekstrim ternyata cukup banyak loh permintaan akan makanan ini. Umumnya mereka merasa penasaran ingin mencobanya setidaknya sekali seumur hidup. Nah kira-kira makanan ekstrim di Indonesia apa saja yang wajib kamu ketahui, beriku ulasannya.

13 Makanan Ekstrim Di Indonesia

1. Rempeyek Laron

makanan ekstrim di Indonesia

Sesuai dengan namanya, Rempeyek Laron menggunakan hewan Laron sebagai bahan utamanya. Untuk cara pembuatannya sih sebenarnya hampir sama dengan membuat rempeyek pada umumnya, hanya saja pada adonan yang terbuat dari tepung beras dicampurkan dengan laron barulah digoreng. Kalau ditanya rasanya, hmm guys jangan salah meski sedikit amis dari laron tapi keseluran Rempeyek Laron ini sangat gurih.

2. Botok Tawon

makanan ekstrim di Indonesia

Nah bagi kamu yang berasal dari Jawa Timur, tentu sudah kenal kan dengan Botok Tawon? Memiliki bahan baku dari sarang tawon atau sarang lebah dengan rasa pedas, asam manis dengan rasa tawon yang memiliki tekstur sedikit kasar di lidah. Hmm, pastinya akan jadi lauk makan siang yang tak biasa namun lezat. Dan ternyata selain menjadi lauk, mengkonsumsi Botok Tawon konon juga dipercaya memiliki banyak khasiat. Mulai dari mengatasi demam, alesrgi anti biotik, mengurangi asma, diare pada anak dan lain-lainnya.

3. Belalang Goreng

makanan ekstrim di Indonesia

Buat kamu guys yang kebetulan sedang atau yang akan liburan ke Jogja, jangan lupa ya nanti untuk mencoba makanan ekstrim di Indonesia yang satu ini yaitu Belalang Goreng. Ya, bagi masyarakat Jogja memang mengkonsumsi belalang bukanlah hal baru dan bahkan sudah turun temurun. Sebenarnya makanan unik di Indonesia ini juga terdapat di Thailand loh, biasanya dengan mudah kamu menjumpai Belalang Goreng kawasan street food. Cara pembuatan yang simple yakni hanya dengan digoreng saja, membuat makanan ini sangat digemari di Indonesia atau di Thailand. Tapi di era modern saat ini banyak penjual di Jogja yang sudah mulai memberikan varian rasa seperti pedas, manis atau original. Pasti akan lebih lezat dong?

4. Rujak Cingur

makanan ekstrim di Indonesia

Cingur dalam bahasa Jawa Timur memiliki arti hidung sapi/kerbau. Bila rujak itu identik dengan buah-buahan dan sambal, beda dengan hidangan ini. Dimana Rujak Cingur berbahan tempe, tahu, mangga muda, mentimun, nanas, bngkoang dan irisan cingur. Lalu diaduk rata dengan sambal petis udang dan ditambahkan kerupuk pastinya akan lebih terasa nikmat.

5. Jus Cacing Tanah

makanan ekstrim di Indonesia

Sudah lama Cacing tanah dipercaya sebagai obat penyakit tifus, berawal dari itulah kini banyak olahan yang berbahan cacing tanah. Semata-mata agar orang tidak merasa geli/jijik untuk mengkonsumsinya. Selain sebagai obat tifus, cacing tanah juga dapat meningkatkan nafsu makan anak.

6. Ulat Bulu

makanan ekstrim di Indonesia

Apa kamu berasal dari Purworejo, Jawa Timur? Jika ya, sudah pasti dong kamu tau makanan khas yang satu ini. Ulat Bulu namanya, tapi bukan ulat bulu seperti yang kamu bayangkan. Jadi ulat yang digunakan bukan seperti yang ada dipepohonan, melainkan dari jenis ulat pohon turi (famili lyman tridae). Ulat yang telah dikumpulkan lalu digoreng. Tak perlu khawatir, dijamin aman kok dan rasanya gurih. Perlu kamu ketahui juga ternyata mengkonsumsi Makanan ini juga dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi loh.

7. Ulat Sagu

makanan ekstrim di Indonesia

Memang sudah banyak orang yang tau Ulat Sagu menjadi makanan khas dari Papua, Maluku dan NTB. Ya, meskipun begitu belum berarti banyak orang yang berani mencobanya. Umumnya sih mereka merasa jijik atau geli. Tapi yang jelas hewan ini memiliki kandungan protein tinggi.

8. Entong Goreng

makanan ekstrim di Indonesia

Kota Blora, Jawa Tengah juga ternyata memiliki makanan ekstrim yang dikenal dengan nama Entong Goreng. Sebenarnya makanan apa sih itu? Entong Goreng merupakan olahan yang berasal dari larva yang biasa terdapat di daun jati. Tapi Entong Goreng tidak bisa kamu nikmati disembarang hari, karena larva tersebut hanya ada di musim semi saat daun-daun pohon jati mulai bersemi. Larva yang dipilih adalah yang sudah berubah menjadi kepompong, lalu digoreng atau ditumis.

9. Tokek Goreng

makanan ekstrim di Indonesia

Apa kamu ingat beberapa waktu lalu ada rumor tentang tingginya harga Tokek? ya, banyak orang beranggapan jika hewan ini dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti gatal kulit, asma dan beberapa jenis penyakit lainnya. Bagi kamu yang tertantang ingin merasakan daging Tokek, kamu bisa datang ke lokasi rumah makan di Lokasari, Mangga Besar, Jakarta. Disana terdapat beberapa menu yang semuanya menggunakan tokek sebagai bahan bakunya.

10. Lawar

makanan ekstrim di Indonesia

Lawar adalah salah satu kuliner khas Bali yang tidak dianjurkan bagi kamu yang muslim, kenapa gitu? Karena berbahan baku daging babi, darah segar babi, parutan kelapa dan rempah-rempah lainnya. Pada awalnya, Lawar hanya disajikan pada upacara keagamaan saja. Tapi kini sudah ada beberapa hotel berbintang di Bali yang menyajikannya.

11. Pakasam

makanan ekstrim di Indonesia

Aneh tapi nyata dan enak, inilah kesan pertama jika kamu melihat Pakasam. Jika biasanya makanan yang sudah lebih dari dua hari akan dibuang, tapi beda di Kalimantan Selatan. Pakasam memang sengaja dibiarkan membusuk berminggu-minggu baru kemudian dimakan. Hmm, kebanyang gak tuh guys. Kuliner khas Kalimantan Selatan ini memiliki bahan baku ikan air tawar yang di fermentasikan, sehingga memiliki rasa asam. Cara pembuatannya sih memang makan waktu yang cukup lama, dimana ikan dibersihkan dari sisiknya, lalu direndam dalam larutan air garam selama dua hari. Lalu diberi bakteri asam laktat dan disimpan selama berminggu-minggu sebelum dikonsumsi.

12. Paniki

makanan ekstrim di Indonesia

Makanan teraneh di Indonesia selanjutnya berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Kamu tentu sudah tau akan Pasar Tomohon kan? ya, dipasar tersebut memang menjual beberapa daging dari hewan yang tak biasa seperti kucing, anjing, tikus, ular, kekelawar dan lain-lainnya. Lantas apa itu Paniki? sebuah olahan berkuah santan yang dicampur dengan daging kekelawar/kalong. Dengan rasa pedas pasti akan terasa nikmat, selain itu rasa pedas juga berfungsi untuk menyamarkan bau amis dari daging kekelawar agar tidak terasa lagi.

13. Kawok (Tikus Panggang)

makanan ekstrim di Indonesia

Masih dari Sulawesi tepatnya Minahasa, disini ada makanan ekstrim di Indonesia yang membuat kita bergidik. Kawok atau Tikus Panggang adalah namanya. Mendengar namanya saja kita sudah cukup merinding. Tapi jangan gagal fokus dulu ya guys, karena tikus yang digunakan bukan tikus rumahan atau yang ada dijalanan ya. Dimana tikus yang digunakan ialah jenis Tikus Hutan yang belum terkontaminasi dengan sampah-sampah manusia. Katanya sih guys, Tikus Hutan memiliki rasa yang gurih seperti daging ayam loh.

courtesy by Trans7 Official

Demikianlah guys ulasan kali ini perihal makanan ekstrim di Indonesia yang paling buat kita gak habis pikir. Terima kasih telah berkunjung ke Vizz Indonesia. Semoga segala informasinya dapat menambah wawasan kamu ataupun para pembaca budiman sekalian. #youthenergy

Summary
Makanan Ekstrim Di Indonesia Yang Paling Nyeleneh
Article Name
Makanan Ekstrim Di Indonesia Yang Paling Nyeleneh
Description
makanan ekstrim di Indonesia atau makanan unik di Indonesia yang berisi daftar kuliner ekstrim atau makanan terekstrim dan makanan menjijikan di Indonesia
Author
Publisher Name
Vizz Official

Leave a Comment